Welcome to my "mind palace" and play ground. Find me here!

I just wanna express myself in a positive way ;)

Multi-Khasiat Minyak Zaitun

minyak zaitun

Dewasa ini, penggunaan bagian-bagian tertentu dari tumbuhan sebagai bahan obat alami (herbal) telah berkembang pesat di Indonesia. Banyak dari ahli kesehatan dan pecinta tanaman menemukan keajaiban hasil penggunaan obat alami tersebut. Penemuan ini telah banyak dikupas di berbagai media sosialisasi kesehatan seperti majalah Trubus dan artikel-artikel online. Sebagai hasil, produk-produk kesehatan berbasis bahan alami pun cukup banyak beredar di pasaran.

Salah satu dari ratusan sumber obat berbasis bahan alami adalah minyak zaitun (Olive Oil). Minyak zaitun merupakan minyak hasil perasan buah zaitun (Olea Europaea) yang mengandung banyak khasiat. Hal ini disebabkan minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi berupa asam oleat dan polifenol. Selain itu karena minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin D, vitamin Evitamin K dan zat besi yang sangat baik bagi tubuh.   

Khasiat minyak zaitun yang berlimpah dapat digunakan untuk menyehatkan bagian dalam dan luar tubuh manusia. Menurut Ibnul Qayyim, terdapat 72 khasiat dari minyak tersebut. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1.     Mencegah Serangan Jantung Koroner

Seperti yang dilansir dalam Trubus edisi Juni 2012, salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Melalui lemak tak jenuhnya, minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh arteri jantung (penyumbat aliran darah dari jantung yang menyebabkan serangan jantung). Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur, resiko terkena penyakit jantung sangat kecil. Jantung yang sehat dapat dengan maksimal menjalankan fungsinya memompa aliran darah (beserta oksigen dan nutrisi tubuh) ke seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

2. Menyembuhkan Batu Empedu

Kantung empedu adalah organ tubuh yang sangat penting dalam proses pencernaan, sebab organ ini berfungsi dalam ekstraksi lemak yang ada dalam makanan. Terkadang makanan yang berlemak dan dapat menyebabkan kolesterol berlebihan, membuat empedu membatu. Jadilah batu empedu, pada akhirnya pencernaan tidak lancar sebagaimana semestinya. Bagi penderita batu empedu, hal ini sangat menyiksa, sebab selai rasa sakit yang diderita, mereka tidak dapat makan-makanan yang seharusnya. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi kolesterol dan lemak dalam tubuh sehingga mempermudah kinerja kantung empedu (tanpa harus membatu). Untuk penyembuhan, minyak zaitun dapat dicampurkan dengan sari apel atau buah noni.

3.     Menurunkan Berat Badan Berlebihan (Obesitas)

Dengan kemampuannya menurunkan kolesterol yang merupakan lemak jahat, minyak zaitun ampuh menurunkan berat badan berlebihan. Hal ini tentu dengan mengatur pola makan sehat dan tidak berlebihan. Setelah makan makanan bersantan, minyak zaitun baik untuk menetralkan kadar kolesterol jahat pada makanan.

4.     Membersihkan dan Menghaluskan kulit (Menyembuhkan dan Menghilangkan Bekas Luka).

Alasan ini yang menyebabkan mengapa minyak zaitun atau olive oil banyak digunakan sebagai komposisi bahan kosmetik dan sabun. Minyak zaitun mampu membunuh kuman yang bersarang dalam kulit. Selain itu, vitamin E minyak zaitun bermanfaat untuk proses regenerasi sel kulit yang menjadikannya lebih halus dan kencang. Terlebih untuk ibu hamil dan penderita luka luar. Minyak zaitun dapat menghilangkan garis-garis pada perut ibu yang telah mengalami peregangan pasca melahirkan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Minyak zaitun merupakan minyak andalan yang penggunaannya sudah menjadi tradisi bagi orang-orang Eropa dan Mediterania lainnya dalam hal menjaga kesehatan kulit.

5.     Menyuburkan dan Memperkuat Akar Rambut (juga sebagai anti-aging dan Menghilangkan Ketombe)

Penggunaan minyak zaitun pada rambut memberikan efek kilau. Minyak zaitun juga dapat membersihkan kulit kepala dari ketombe serta menyuburkan rambut. Hal ini berdampak pada penguatan akar-akar rambut. Dengan begitu rambut menjadi sehat dan tidak mudah beruban.

6.     Menyembuhkan Gatal-gatal

Mengoleskan minyak zaitun langsung pada kulit gatal merupakan pengobatan yang ampuh. Banyak penderita gatal tahunan sembuh dengan menggunakan minyak zaitun dalam hitungan pekan. Penggunaan untuk luka dapat dilakukan dengan teratur setiap hari, cukup dengan mengoleskan pada bagian yang gatal.

7.     Sangat Baik Bagi Ibu Hamil/Menyusui

Minyak zaitun yang kaya akan vitamin dan zat besi, serta asam oleat dan polifenol sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dengan mengonsumsi minyak zaitun bagi ibu hamil, makanan yang diterima anak melalui plasenta telah ternetralisir dari zat-zat berbahaya (berfungsi sebagai antioksidan). Selain itu untuk ibu menyusui, air susu (ASI) menjadi lebih sehat dan memberikan efek imun pada anak.

8.     Menyembuhkan Pembengkakan Gusi

Penggunaan minyak zaitun dan garam baik untuk menghilangkan kuman di mulut dan menyembuhkan gusi.

9.     Mengatasi Sembelit

Minyak zaitun dapat memperlancar proses peresapan sari makanan di usus halus dan memperlancar pembuangan zat-zat tidak berguna bagi tubuh. Dengan begitu minyak zaitun dapat menghindarkan pencernaan dari sembelit.

10.  Mencegah Kanker Payudara

Minyak zaitun dapat mencegah kanker aktif dari tubuh sebab minyak ini mengandung fenol yang berperan sebagai antioksidan terhadap zat-zat berbahaya dari makanan (penyebab kanker).

11.  Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Dicampur dengan putih telur, minyak zaitun dapat menghilangkan noda dan flek hitam bekas jerawat secara alami.

12.  Mencegah Pikun, Diabetes, Osteoporosis, dan Hipertensi

Penyakit-penyakit diatas adalah penyakit-penyakit yang berakumulasi pada usia tertentu. Dimana penyakit-penyakit diatas dapat terasa pada orang-orang berusia 30 tahun ke atas. Minyak zaitun dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut melalui pembersihan darah dan pemaksimalan fungsi-fungsi organ dalam dari tubuh.

dan masih banyak fungsi lainnya bagi tubuh manusia.

Walaupun minyak zaitun telah banyak dijadikan campuran bahan kosmetik, tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui khasiat penuh minyak tersebut. Terutama untuk kesehatan organ dalam. Beberapa mengira minyak zaitun sama saja dengan minyak sayur. Padahal kandungan dan tujuan penggunaannya jelas berbeda. Kelebihan dari minyak zaitun dibanding minyak sayur adalah bahwa minyak ini tidak mengandung kolesterol yang menyebabkan pembentukan lemak tubuh yang dapat menghimpit fungsi jantung. Selain itu, minyak ini tidak memberikan efek samping, justru sebaliknya, memberikan manfaat yang berlimpah bagi tubuh. Dengan begitu, amat baik dikonsumsi bagi siapa saja.

Cara Memilih dan Menyimpan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang paling baik dikonsumsi adalah minya zaitun perasan pertama atau extra virgin olive oil. Minyak ini didapat dari proses pemerasan zaitun tanpa menggunakan pemanasan. Zat-zat bermanfaat dalam minyak zaitun banyak terkandung di dalamnya dengan aroma dan tingkat keasaman yang seimbang. Sedangkan cara menyimpannya adalah dengan menjauhi minyak zaitun dari cahaya yang dapat merusak kandungan antioksidannya. Selain itu, simpan minyak zaitun di dalam lemari yang tertutup rapat atau di dalam kulkas. Perhatikan tutup botol minyak zaitun, pastikan ditutup ketat agar tidak ada udara yang masuk. Sebab udara dan hawa panas dapat merusak manfaat minyak zaitun.

Itulah manfaat dari minya zaitu, Rasulullah pun mewasiatkan untuk memakan zaitun. Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah buah zaitun dan pakailah minyaknya karena berasal dari pohon yang diberkahi. (Sunan A-Trimidzi 7/44, sahih).

Keutamaan Zaitun dalam al-Qur’an:

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. ” (QS. Al-An’ aam 6: 99) 

“ Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) , dan tidak sama (rasanya) . Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya) ; dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. ” (QS. Al-An’ aam 6: 141) 

“ Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. ” (QS. An-Nahl 16: 11) 

“ Dan pohon kayu ke luar dari Thursina (pohon zaitun) , yang menghasilkan minyak, dan menjadi kuah bagi orang-orang yang makan. ” (QS. Al-Mu’ minuun 23: 20) 

“ Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya) , yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) , Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” . (QS. An-Nuur 24: 35) 

Dalam Surat ‘ Abasa (QS. 80: 29) dan At-Tin (QS. 95: 1) juga disebutkan mengenai minyak zaitun.

Referensi:

Al-Qur’anul Karim

Hadits Rasulullah riwayat At-Tirmidzi

Linda K. DeBruyne, Kathryn Pinna, Eleanor Noss Whitney, 2008. Nutrition and Diet Therapy: Principles and Practice. USA: Thomson Learning Academic Recources. Hal. 86.  

Mitos dan Fakta Minyak Zaitun. Diakses dari  http://health.kompas.com/read/2012/08/25/10405934/Mitos.dan.Fakta.Minyak.Zaitun pada 15 Januari 2013 pk. 07.00.

Rahasia Buah Zaitun Menurut Al-Qur’an. Diakses dari  http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/03/27/rahasia-buah-zaitun-menurut-al-quran-dan-rasulluloh-saw-450094.html pada 15 Januari 2013 pk.

Sebab saya tahu manfaat dari minyak zaitun ini, saya ingin menjualnya kepada khalayak. Al-Amir adalah salah satu nama produk minyak zaitun yang berasal dari perkebunan zaitun di wilayah Sevilla, Spanyol. Kelebihan dari Al-Amir adalah pada kandungannya, yaitu 100% minyak zaitun murni (tanpa tambahan bahan kimia) dengan jenis extra virgin olive oil atau minyak perasan  buah zaitun pertama. Dengan begitu, zat-zat bermanfaat didalamnya masih sempurna. Selain itu pengemasannya sesuai dengan standard MEE sehingga tingkat keasamanya terjaga (0,75%).  250 ml minyak zaitun Al-Amir seharga Rp45.000,- per satuan. Hubungi 085693396404 atas nama Fadlinnisa untuk pemesanan JADEBOTABEK. Di luar Depok, pembelian dikenakan ongkos kirim. Terimakasih :).

Foto:

Gambar

 

4 comments on “Multi-Khasiat Minyak Zaitun

  1. Amilah
    January 18, 2013

    I like it. Thanks for for information🙂

  2. Pingback: WHY EVOO? #whyevoo on twitter | Atikah Bararah

    • khaulahlyn
      May 24, 2014

      siiippp.. ((: olive oil admirers banget nih kita❤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 15, 2013 by in Healthiness and Beautification.
%d bloggers like this: